Saturday, February 25, 2023

PENYUSUNAN INSTRUMEN SOAL ASESMEN MADRASAH 2023 IPS

Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah (AM) Rumpun IPS Filosofi Mengapa kurikulum berubah? Kita adalah hasil dari pembiasaan, tradisi, pengalaman, termasuk pendidikan di masa lalu Sementara lingkungan berubah sangat cepat dengan berbagai tantangan yang berat Semoga dengan penyempurnaan asesmen/pembelajaran akan berkontribusi pada masa depan Hubungan antara Literasi, HOTS, dan ketercapaian kompetensi di semua mata pelajaran - Literasi : membiasakan proses berfikir terkait fenomena dan saling ketergantungan yang terjadi dilingkungan - HOTS : Membiasakan berpendapat atau menganalisis/membuat simpulan menggunakan data untuk menjawab fenomena yang terjadi - Ketika siswa sudah terbiasa berfikir menggunakan data dan menjiwai proses-proses yang terjadi di alam dan kehidupan sehari-hari, bukan hanya asesmen/pembelajaran yang terdampak, tetapi juga kehidupannya. Tahapan Penulisan Soal Asesmen Madrasah 1. Menentukan materi esensi 2. Menganalisis kompetemsi dasar (KD) 3. Menyusun kisi-kisi soal AM 4. Memilij stimulus yang menarik dan kontekstual 5. menulis butir soal sesuai stimulus 6. Membuat kunci jawaban Kaidah menyusun stimulus 1. stimulus diberi judul 2. kalimat menarik (mendorong peserta didik untuk membaca stimulus) dan konstektual (bersumber pada situasi dunia maya) 3. kalimat bersifat edukatif, inspiratif, dan memiliki unsur keterbaruan 4. stimulus berupa gambar, kalimat, slogan, dan kutipan tidak mengandung unsur iklan promosi produk komersial, atanu instansi 5. kalimat hendaknya padat, jelas, dan relevan dengan materi level kognitif yang diukur 6. jumlah kata pad ateks yang berupa wacana disesuaikan dengan jenjang pendidikan peserta didik 7. tidak menggunakan nama orang yang masih hidup, karena dapat diinterpretasikan mempromosikan tokoh tersebut 8. Tehs bebas dari SARAPPPEK (suku, agama, Ras, Antar golongan, pornografi, politis, produk, erotis, kekerasan) 9. stimulus berupa gambar, teks, data, atau kutipan apapun sebaiknya bersumber yang kredibel (valid) dan dituliskan sumber asalnya secara lengkap 10. stimulus menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar Stimulus - Soal-soal saat ini mulai didesain menggunakan stimulus dengan konteks yang beragam, dengan elaborasi tabel, grafik, ilustrasi terutama untuk jenis stimulus multiple items dengan ilustrasi yang kontekstual dan informatif. - Stimulus harus mengajak peserta didik untuk berfikir kritis, mengidentifikasi masalah, dan ada transfer konsep yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. Stimulus dalam asesmen IPS : - Infografis - Gambar/Poster/Komik - multi teks - Artikel/Narasi/dialog (Keterbaruan, kontekstual, orisinal) Bentuk Soal : - Pilihan Ganda ( MI : 4 Pilihan; MTs : 4 Pilihan, MA : 5 Pilihan) - Pilihan Ganda Kompleks - Benar salah - Menjodohkan - isian singkat disajikan contoh-contoh soal terkait materi yang dibahas

No comments:

Post a Comment

DZIKIR SETELAH SHOLAT

DZIKIR SETELAH SHOLAT   "Tidaklah sama  antara orang yang mau berdzikir pada Tuhannya dan yang tidak, seperti antara orang yang hidup d...