Friday, February 24, 2023
PENYUSUNAN INSTRUMEN AM MATEMATIKA 2023
Penyusunan Instrumen Soal Asesmen Madrasah (AM) Mata Pelajaran Matematika
Penyusunan Instrumen :
1. Bentuk Asesmen
2. Tahapan
3. Instrumen Asesmen
4. Contoh Kisi-kisi dan Soal
Bentuk Asesmen :
Bedasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 901 Tahun 2023, bentuk asesmen dapat berupa : tes tertulis, praktik, portopolio, penugasan, dan/atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah. Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai degan karakteristik kompetensi yang akan diukur.
Tahapan Penyusunan Instrumen AM:
1. Menganalisis kompetensi dasar
2. Materi Esensial
3. Menyusun Kisi-kisi
4. Menyusun Instrumen
Tahapan Penulisan Soal AM :
1. Mennetukan materi esensial
2. Menganalisis Kompetensi Dasar
3. Menyusun kisi-kisi soal Am
4. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual
5. Menulis butir soal sesuai dengan stimulus
6. Membuat kunci jawaban dan pedoman penskoran
Betuk Soal Asesmen :
1. Setuju/Tidak Setuju dengan Alasan
2. Pilihan Ganda
3. Essay
4. Pilihan Ganda Kompleks Benar-Salah
5. Isian Singkat
6. Pilihan Ganda Kompleks Multiple Check
7. Menjodohkan
Ada 5 hal yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan soal :
1. Stimulus
2. Bentuk Soal
3. Konten
4. Level Kognitif
5. Konteks
Stimulus :
Dasar berpijak untuk memahami informasi (bersifat kontekstual dan menarik)
1. Problematis (dari berbagai sudut pandang)
2. Dapat digunakan untuk berbagai level kognitif dan beragam soal
3. Memiliki potensi (tersirat) untuk peserta didik melakukan prediksi, menduga asumsi, menafsirkan, mencipta
4. Sesuai dengan konteks
Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda (Kompleks)
1. Soal harus sesuai dengan indikator
2. Pilihan Ganda harus homogen dan logis
3. Setiap soal mempunyai satu jawaban yang benar, opsi lainnya sebagai pengecoh
4. Pokok soal dirumuskan secara jelas dan tegas
5. Pokok soal merupakan pernyataan yang diperlukan saja
6. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar
Kaidah Soal Benar-Salah :
1. Sesuai indikator
2. Pilihan jawaban berupa pernyataan
3. hal yang ditanyakan harus homogen
4. pokok soal dirumuskan secara jelas dan tegas
5. tidak menggunakan pernyataan negatif dan pernyataan negatif ganda
6. hanya menerapkan satu konsep pada setiap pernyataan
Matching Items (menjodohkan)
1. Terdiri atas dua daftar paralel kata atau frase yang cocok
2. Entri dalam daftar yang mencari kecocokan disebut sebagai premis
3. Entri dalam daftar yang cocok disebut respons
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
DZIKIR SETELAH SHOLAT
DZIKIR SETELAH SHOLAT "Tidaklah sama antara orang yang mau berdzikir pada Tuhannya dan yang tidak, seperti antara orang yang hidup d...
-
Doc.Kls 8A8B MTsDU.Saleh Jaya 2023 Kewajiban belajar tidak terbatas usia dan waktu.Selagi masih bisa dan masih ada waktu kita harus terus ...
-
Doc.kls11b MADU.S.JAYA2023 Siapa bilang jujur tidak mujur.Banyak orang yang berhasil berkat kejujurannya.Nabi kita Muhammad SAW begitu ber...
-
doc.12AMADUSAJA2023 Entah suatu saat jadi apa atau menjadi siapa.Yang pasti tugasmu adalah belajar dan terus belajar. Bapak ibu gurumu hanya...
No comments:
Post a Comment