Thursday, January 6, 2022
DOWNLOAD BUKTI FISIK EDM ERKAM
Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan salah satu instrumen strategis yang dapat digunakan oleh setiap satuan pendidikan madrasah untuk mengetahui kondisi objektif kekuatan dan kelemahan madrasah dalam konteks pencapaian standar mutu pendidikan.
Maksud dari EDM adalah agar Kementerian Agama memiliki sistem informasi Evaluasi Diri Madrasah untuk mengetahui kebutuhan dan kelemahan madrasah yang terintegrasi mulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.
Melalui EDM, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi.
edm, erkam, logo, kemenag
Instrumen Evaluasi Diri Madrasah adalah daftar pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan hasil dan skor pencapaian mutu.
Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Madrasah harus dilakukan secara jujur, agar aplikasi dapat memberikan skor kinerja pencapaian mutu dan output sesuai kelemahan dan kebutuhan Madrasah demi peningkatan mutu di Madrasah Anda.
INSTRUMEN EVALUASI DIRI MADRASAH (EDM)
Instrumen Evaluasi Diri Madrasah terdiri dari 29 Instrumen dengan opsi 4 tingkatan jawaban yang harus dipilih oleh Anda.
Berikut ini instrumen dan berkas yang harus bapak/ibu siapkan dan upload di aplikasi EDM (instrumen evaluasi diri madrasah) di web ERKAM : LOGIN ERKAM ONLINE
BAGIAN A : ASPEK KEDISIPLINAN WARGA MADRASAH
1. Apakah semua guru hadir di madrasah sesuai kalender pendidikan berdasarkan kurikulum nasional?
Bukti-bukti fisik :
Daftar absensi kehadiran guru
Surat keterangan penyebab guru tidak hadir
Bukti dari madrasah bahwa terdapat pengganti guru yang berhalangan hadir sehingga proses pembelajaran tidak terganggu
Catatan: Rekap absensi guru wajib diupload, dokumen lain disimpan di madrasah
2. Apakah semua guru mengajar di kelas sesuai jadwal mata pelajaran yang ditetapkan?
Bukti-bukti fisik
Daftar absensi kelas yang ditandatangani oleh guru dan perwakilan siswa. Daftar ini dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Daftar guru diambil dari data EMIS sedangkan persentase guru mengajar dientri oleh TIM
Rekapitulasi daftar kehadiran guru di kelas
Catatan: Rekap daftar absensi kelas wajib diupload
3. Apakah kepala madrasah melakukan supervisi secara rutin proses pembelajaran terhadap seluruh guru?
Bukti-bukti fisik:
Buku hasil supervisi kepala madrasah terhadap guru, resume rapat penyampaian hasil supervise dan hasil tindak lanjut
Wawancara TIM dengan para guru
Catatan: contoh hasil supervise kepala madrasah dan resume hasil rapat wajib diupload
4. Apakah semua siswa hadir di madrasah mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan?
Bukti-bukti fisik:
Buku absensi/kehadiran siswa.
Jurnal harian guru piket
Surat keterangan ijin siswa yang tidak hadir ke madrasah atau di kelas
Rekapitulasi daftar absensi siswa
Catatan: Rekapitulasi daftar absensi siswa diupload
5. Apakah siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia dalam perpustakaan?
Bukti-bukti fisik
Buku kunjungan perpustakaan
Buku peminjaman buku perpustakaan
Rekapitulasi daftar siswa yang membaca/meminjam buku di perpustakaan
Catatan: Rekapitulasi daftar siswa yang membaca/meminjam buku di perpustakaan di upload
6. Apakah Madrasah melaksanakan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar penugasan guru dan tenaga kependidikan dan latar belakang pendidikannya
2) Daftar beban kerja guru dan tenaga kependidikan
3) Daftar keaktifan guru,
4) Daftar pencapaian prestasi guru
Catatan: daftar penugasan guru wajib di upload
7. Apakah Madrasah secara rutin melakukan pertemuan dengan guru dan tenaga kependidikan untuk melakukan evaluasi diri terhadap kinerja madrasah dalam rangka pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar hadir rapat guru dan tenaga kependidikan
2) Resume hasil pertemuan rapat dengan guru dan tenaga kependidikan
Catatan: contoh resume hasil pertemuan rapat diupload
BAGIAN B : ASPEK PENGEMBANGAN DIRI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
1. Apakah Kepala Madrasah aktif mengikuti pelatihan atau kegiatan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan kapasitas kepala madrasah?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar undangan pelatihan/workshop/pertemuan
2) Sertifikat keikutsertaan
Catatan: beberapa contoh sertifikat pelatihan diupload
2. Apakah Semua aktif mengikuti KKG/MGMP?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar absensi kehadiran guru di KKG/MGMP
2) Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan pengembangan diri secara online
3) Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti MGMP atau sejenisnya
Catatan: Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti MGMP atau sejenisnya diupload
3. Apakah guru aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
2) Bukti keikut sertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
3) Rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan/workshop
Catatan: rekapitulasi daftar guru yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan/workshop diupload
4. Apakah kepala tenaga administrasi (untuk MTs dan MA)/ tenaga administrasi (untuk MI) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi dan ketrampilan?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
2) Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
Catatan: contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop diupload
5. Apakah laboran aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
2) Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
Catatan: contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop diupload
6. Apakah kepala tenaga perpustakaan (untuk MTs dan MA)/tenaga perpustakaan (untuk MI) aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
2) Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
Catatan: contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop diupload
BAGIAN C : ASPEK PERSIAPAN, PELAKSANAAN DAN PENILAIAN PROSES PEMBELAJARAN
1. Apakah semua guru Guru mengembangkan RPP yang diampunya?
Bukti-bukti fisik
1) RPP dari setiap guru
2) Hasil wawancara
3) Daftar guru yang menyusun RPP
Catatan: Daftar guru yang menyusun RPP dan contoh 1 RPP wajib diupload
2. Apakah guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran?
Bukti-bukti fisik
1) Hasil wawancara dan penilaian kepala madrasah
2) Hasil wawancara dengan guru
3) Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan metode pembelajaran yg sesuai
Catatan: Daftar guru yang menggunakan metode pembelajaran wajib diupload
3. Apakah Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa dan mapel?
BACA JUGA
Download Bukti Fisik EDM ERKAM (File Word & Excel) Upload Online TP. 2021/2022
Bukti-bukti fisik
1) Hasil wawancara dan penilaian kepala madrasah
2) Hasil wawancara dengan guru
3) Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yg sesuai
Catatan: Daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai wajib diupload
4. Apakah Guru menggunakan penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran?
Bukti-bukti fisik
1) Bukti pelaksanaan penilaian yang dilakukan setiap guru
2) Hasil wawancara dengan guru
3) Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran
Catatan: Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran wajib diupload
5. Apakah guru melakukan evaluasi dan penilaian setiap siswa?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar nilai ulangan harian
2) Daftar nilai ulangan mingguan dan semesteran
3) Daftar catatan guru atas penilaian individu siswa
4) daftar guru yang melakukan penilaian dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa wajib diupload
Catatan: rekapitulasi daftar guru yang melakukan penilaian dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa wajib diupload
6. Apakah guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perencanaan program remedial, pengayaan dan perbaikan proses pembelajaran?
Bukti-bukti fisik
1) Dokumen perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajar dari setiap guru 2. Hasil wawancara guru
Catatan: Daftar guru yang membuat perencanaan program remedial, pengayaan dan konseling wajib diupload
7. Apakah Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayakan secara rutin?
Bukti-bukti fisik
1) Jadwal kegiatan remedial dan/atau pengayakan
2) Daftar peserta remedial dan kehadirannya
3) Daftar peserta pengayakan dan kehadirannya
Catatan: Contoh jadwal remedial/pengayaan dan daftar siswa yang mengikuti wajib diupload
BAGIAN D : ASPEK PENGGUNAAN MATERI PEMBELAJARAN
1. Apakah buku teks dan bacaan, baik tercetak maupun digital, tersedia lengkap di madrasah?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar buku teks dalam bentuk cetakan dan digital di perpustakaan
2) Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan dan digital di perpustakaan
Catatan: Daftar buku teks dan cetakan wajib diupload
2. Apakah alat bantu proses pembelajaran tersedia untuk semua guru?
Bukti-bukti fisik
1) Hasil wawancara dengan guru
2) Daftar alat bantu yang tersedia di madrasah
Catatan: Daftar guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai wajib diupload
3. Apakah alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) tersedia di madarasah?
Bukti-bukti fisik
1) Hasil wawancara dengan guru
2) Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah
Catatan: Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah wajib diupload
4. Apakah semua guru menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran?
Bukti-bukti fisik
1) Daftar buku teks/digital yang digunakan guru
2) Wawancara kepada semua guru
3) Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran
Catatan: Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran wajib diupload
5. Apakah semua siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dlm proses pembelajaran?
Bukti-bukti fisik
1. Daftar buku teks yang dimiliki siswa
2. Hasil wawancara guru
3. Hasil wawancara siswa
BAGIAN E : ASPEK PERENCANAAN PEMBIAYAAN
1. Apakah madrasah telah menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah dalam e-RKAM?
Bukti-bukti fisik
1) RKAM
2) Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan RKAM
3) Wawancara dengan guru
4) Wawancara dengan komite madrasah
2. Apakah Madrasah menyediakan dana transport yang cukup bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan?
Bukti-bukti fisik
1) Laporan penggunaan dana madrasah
2) Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan
3) Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan
Catatan: Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan wajib diupload
3. Apakah Madrasah menyediakan dana untuk pembelian bahan pendukung habis pakai yang cukup bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan?
Bukti-bukti fisik
1) Laporan penggunaan dana madrasah
2) Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan
3) Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung
Catatan: Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana untuk pembelian bahan pendukung wajib diupload
4. Apakah Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota?
Bukti-bukti fisik
1) Laporan keuangan
2) Bukti penyerahan laporan keuangan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan kepada Komite madrasah
Catatan: bukti penyerahan laporan keuangan kepada
Kankemenag dan Komite Madrasah wajib diupload
LINK DOWNLOAD BUKTI FISIK EDM ERKAM
Download Kumpulan Bukti Fisik EDM dan ERKAM 2021/2022
Demikian Semoga Bermanfaat
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
DZIKIR SETELAH SHOLAT
DZIKIR SETELAH SHOLAT "Tidaklah sama antara orang yang mau berdzikir pada Tuhannya dan yang tidak, seperti antara orang yang hidup d...
-
Doc.Kls 8A8B MTsDU.Saleh Jaya 2023 Kewajiban belajar tidak terbatas usia dan waktu.Selagi masih bisa dan masih ada waktu kita harus terus ...
-
Doc.kls11b MADU.S.JAYA2023 Siapa bilang jujur tidak mujur.Banyak orang yang berhasil berkat kejujurannya.Nabi kita Muhammad SAW begitu ber...
-
doc.12AMADUSAJA2023 Entah suatu saat jadi apa atau menjadi siapa.Yang pasti tugasmu adalah belajar dan terus belajar. Bapak ibu gurumu hanya...
No comments:
Post a Comment